Minggu ini
kita akan membuat Program Disket dan Main Disket pada Java dengan menggunakan
Class, Methode, Construktor, Modifier dan Objek.
Sebelum kita
membuat program kita harus tahu dulu apa-apa saja yang dimaksud dengan
Class,
Methode, Construktor, Modifier dan Objek.
- Class
Kelas pada Java didefinisikan dengan menggunakan
kata kunci class. Berikut ini merupakan deklarasi kelas pada Java :
[modifier1]class Disket[modifier2] {
Class Body;
}
2.
Method
Method sama halnya dengan pemograman lain yang
disebut dengan prosedure dan function.
Method ini biasa digunkan untuk memodularisasi/
memaketkan program melalui pemisahan satu tugas menjadi satu unit tersendiri.
[modifier 1] tipe NilaiKembalian
namaMethode(parameter input){
Methode Body;
}
3.
Constuctor
Merupakan method yang namanya sama dengan nama
kelas dimana method itu berada.
4.
Modifier
Adalah sifat yang dimikili oleh setipa atribut,
method maupun kelas dalam Java. Modifier akses teridi dari private, default ,
protected dan public.
Catatan : pada Modifier bahwa kelas lain tidak bisa
mengaksesnya dan hanya bisa mengakses
kelas itu sendiri.
Ada 2 Modifier penting yaitu :
a.
Static yaitu modifier yang digunakan agar suatu
atribut maupun method dapat diakses oleh objek atau kelas lain meski tanpa
dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berada.
b.
Final yaitu modifier yang digunakan untuk
mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifier
ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.
5.
Objek dibutuhkan operator new untuk membuat
objek sdari suatu kelas.
Objek dibuat dengan cara menuliskan :
1.
NamaKelas NamaObjek = new NamaConstanta();
2.
NamaKelas NamaObjek ;
NamaObjek
= new NamaConstanta();
Contoh:
Disket
disk1=new Disket ();
Sekarang
kita langsung saja membuat Progaram Disket.java dan Membuat Program
MainDisket.java. kedua program ini saling berhubungan satu dengan yang lain
karena pada program Disket kita hanya mendeklarasikan kelas saja, dan pada
Program MainDisket. Java disilah terdapat fungsi utama dari program tersebut.
1.
MEMBUAT PROGRAM Disket.java
Ketikkanlah
pada TextPad anda seperti gambar berikut ini :
Program
diatas memiliki 5 atribut yaitu ada panjang, lebar ,warna, bentuk, dan data.
LEBAR
pada program diatas sama artinya dengan konstanta karna ia menggunakan modifier
final.
Pada
kode :
Void
simpanData(String data1) {
This.data += data1;
}
Artinya
bahwa String adalah Parameter Tipe data yang jika dipanggil maka dia akan
membaca data tersebut.
Maka
hasil yang akan kita peroleh adalah seperti gambar dibawah ini:
2.
Membuat program MainDisket.java.
Lanjutkanlah
dengan mengetikkan pada dokument baru kode seperti pada pada gambar dibawah ini
:
Main
disket ini digunakan untuk mengakses ke kelas Disket
Contohnya
seperti kode berikut :
Disket
disk1 = new Disket();
Yang
artinya Disket disini sebagai constuktor yang digunakan untuk memanggil method
disket di kelas disket dengan membuat objeke baru yang namanya disk1 untuk
kelas disket
Sedangkan
Kode :
System.out.println
(“Panjang disket = “+ disk1.panjang);
Artinya
untuk memanggil atribut panjang dari objek disk dari kelas disket.
Pada File Disket.java tambahkan
kode berikut ini pada baris ke 7 dari dokument Disket.java
Disket() {
Panjang
=100;
}
Disket(int
panjang1) {
This.panjang
=panjang1;
}
Seperti
gambar dibawah ini :
Dan hasilnya
akan terlihat seperti gambar dibawah ini :
Nilai dari
panjang yang tadinya bernilai 10 kini sudah berganti menjadi 100 karena Disket
di kode tersebut sebagai construktor
dengan memanggil atribut panjang1.
Selanjutnya
tambahkan kode berikut pada baris ketika dari MainDisket. Java dengan hanya
menambahkan 50 pada kode : “ Disket disk1 = new Disket(50);
Maka
hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini :
Nilai
panjang yang tadinya bernilai 100 setelah di tambahkan nilai 50 pada
MainDisket.java maka nilai tersebut akan berubah karena nilai tersebut telah
menjadi nilai atribut panjang yang baru dan dia akan membaca program dari
MainDisket bukan dari Disket
Tidak ada komentar:
Posting Komentar