Rabu, 09 Oktober 2013

Class, Methode, Construktor, Modifier dan Objek.


Minggu ini kita akan membuat Program Disket dan Main Disket pada Java dengan menggunakan Class, Methode, Construktor, Modifier dan Objek.

Sebelum kita membuat program kita harus tahu dulu apa-apa saja yang dimaksud dengan
Class, Methode, Construktor, Modifier dan Objek.

  1. Class 
Kelas pada Java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class. Berikut ini merupakan deklarasi kelas pada Java :
[modifier1]class Disket[modifier2] {
Class Body;
}

2.       Method
Method sama halnya dengan pemograman lain yang disebut dengan prosedure dan function.
Method ini biasa digunkan untuk memodularisasi/ memaketkan program melalui pemisahan satu tugas menjadi satu unit tersendiri.
[modifier 1] tipe NilaiKembalian namaMethode(parameter input){
Methode Body;
}

3.       Constuctor
Merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada.

4.       Modifier
Adalah sifat yang dimikili oleh setipa atribut, method maupun kelas dalam Java. Modifier akses teridi dari private, default , protected dan public.
Catatan : pada Modifier bahwa kelas lain tidak bisa mengaksesnya dan hanya  bisa mengakses kelas itu sendiri.
Ada 2 Modifier penting yaitu :
a.       Static yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses oleh objek atau kelas lain meski tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berada.
b.      Final yaitu modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.

5.       Objek dibutuhkan operator new untuk membuat objek sdari suatu kelas.
Objek dibuat dengan cara menuliskan :
1.       NamaKelas NamaObjek = new NamaConstanta();
2.       NamaKelas NamaObjek ;
NamaObjek = new NamaConstanta();

Contoh:
Disket disk1=new Disket ();

Sekarang kita langsung saja membuat Progaram Disket.java dan Membuat Program MainDisket.java. kedua program ini saling berhubungan satu dengan yang lain karena pada program Disket kita hanya mendeklarasikan kelas saja, dan pada Program MainDisket. Java disilah terdapat fungsi utama dari program tersebut.

1.       MEMBUAT PROGRAM Disket.java
Ketikkanlah pada TextPad anda seperti gambar berikut ini :


Program diatas memiliki 5 atribut yaitu ada panjang, lebar ,warna, bentuk, dan data.
LEBAR pada program diatas sama artinya dengan konstanta karna ia menggunakan modifier final.

Pada kode :
Void simpanData(String data1) {
This.data  += data1;
}
Artinya bahwa String adalah Parameter Tipe data yang jika dipanggil maka dia akan membaca data tersebut.

Maka hasil yang akan kita peroleh adalah seperti gambar dibawah ini:

2.       Membuat program MainDisket.java.
Lanjutkanlah dengan mengetikkan pada dokument baru kode seperti pada pada gambar dibawah ini :
Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut :


Main disket ini digunakan untuk mengakses ke kelas Disket
Contohnya seperti kode berikut :

Disket disk1 = new Disket();
Yang artinya Disket disini sebagai constuktor yang digunakan untuk memanggil method disket di kelas disket dengan membuat objeke baru yang namanya disk1 untuk kelas disket

Sedangkan Kode :
System.out.println (“Panjang disket = “+ disk1.panjang);
Artinya untuk memanggil atribut panjang dari objek disk dari kelas disket.

                Pada File Disket.java tambahkan kode berikut ini pada baris ke 7 dari dokument Disket.java

Disket() {
Panjang =100;
}
Disket(int panjang1) {
This.panjang =panjang1;
}
Seperti gambar dibawah ini :

Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :


Nilai dari panjang yang tadinya bernilai 10 kini sudah berganti menjadi 100 karena Disket di kode tersebut sebagai construktor  dengan memanggil atribut panjang1.

Selanjutnya tambahkan kode berikut pada baris ketika dari MainDisket. Java dengan hanya menambahkan 50 pada kode : “ Disket disk1 = new Disket(50);

Maka hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini :

Nilai panjang yang tadinya bernilai 100 setelah di tambahkan nilai 50 pada MainDisket.java maka nilai tersebut akan berubah karena nilai tersebut telah menjadi nilai atribut panjang yang baru dan dia akan membaca program dari MainDisket bukan dari Disket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar